PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA(LKS) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA SMA KELAS X

  • Zahratul Jannah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Discovery Learning materi ekosistem yang valid dan praktis untuk SMP/MTs. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Model yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan ((develop) dan penyebaran (disseminate). Tahap penyebaran tidak dilaksanakan karena keterbatasan biaya dan waktu penelitian. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan angket praktikalitas. Berdasarkan pengembangan yang telah dilaksanakan dihasilkan LKS pada materi ekosistem telah valid dengan persentase 84,30%. Praktikalitas yang diperoleh dari guru dengan persentase 79,76% dan siswa dengan persentase 87,67%. Dengan demikian LKS yang dikembangkan dapat dikatakan valid berdasarkan hasil uji validasi dan praktis berdasarkan hasil uji praktikalitas yang telah dilaksanakan.

Published
2020-12-29
How to Cite
JANNAH, Zahratul. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA(LKS) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA SMA KELAS X. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, [S.l.], v. 2, n. 2, dec. 2020. Available at: <http://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/148>. Date accessed: 21 june 2021.