PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS X SMAN BUKITTINGG

  • Mina Yunida Mahasiswa STKIP Ahlussunnah
  • fepryna Yenti STKIP Ahlussunnah
  • Melia Roza STKIP Ahlussunnah

Abstract

Kemampuan penalaran adalah proses berfikir seseorang dalam menghubungkan fakta serta menjelaskan kembali dalam bentuk kesimpulan yang logis. Kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa Kemampuan penalaran matematis peserta didik masih kurang. Maka diperlukan upaya agar peserta didik dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematisnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengahasilkan LKPD matematika berbasis RME untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan mengunakan 4-D models yang telah di modifikasi  yang terdiri dari define, design, develop and disseminate. Dalam penelitian ini tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan peneliti. Uji kelompok besar juga tidak dilaksanakan karena situasi dan kondisi yang sedang dalam pandemi covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD matematika berbasis Realistic Mathematic Education (RME) yang dikembangkan telah valid dengan rata-rata nilai validasi adalah 80,21 %. Nilai praktikalitas LKPD yang diperoleh dari angket respon peserta didik berada pada kategori sangat praktis dengan rata-rata 96,40 %. Dapat disimpulkan bahwa LKPD matematika berbasis RME telah valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Published
2020-12-29
How to Cite
YUNIDA, Mina; YENTI, fepryna; ROZA, Melia. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS X SMAN BUKITTINGG. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, [S.l.], v. 2, n. 2, dec. 2020. Available at: <http://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/155>. Date accessed: 21 june 2021.