TY - JOUR AU - Henrawan, Yudi PY - 2021/03/22 TI - PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMPN 4 Warunggunung JF - Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah; Vol 4 No 1 (2021): JIPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah KW - N2 - Setiap siswa mempunyai gaya belajar yang unik, dan para peneliti terdahulu telah meneliti sejauh mana gaya belajar siswa mempengaruhi hasil belajar . Dengan metode pembelajaran yang tepat siswa dapat meningkatkan hasil belajar mereka. Kondisi pembelajaran IPA di daerah lebak masih terkendala dengan fasilitas laboratorium. Sehingga pola fikir ilmiah siswa belum dapat di implementasikan oleh siswa. Selain itu, Fasilitas pendukung pembelajaran lain pun masih ada dalam keterbatasan. Oleh karena itu laboratorium alam dapat digunakan sebagai tempat untuk belajar. Dengan metode inkuiri yang bertujuan siswa menggali sendiri pengetahuan dengan menemukannya di alam. Untuk ituperlu adanya penelitian pembelajaran IPA dengan metode pembelajaran inkuiri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakanmetosdeeksperimen dengan desain factorial 2 x 2sampel penelitian berjumlah 40 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran dengan metode inkuiri dengan metode pembelajaran ceramah dimana hasil uji Anova dua jalur diperoleh P Value lebih besar dari  α (0,05) serta uji Tukey diperoleh Pvalue lebih kecil dari α (0,05).    UR - https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/147