PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN BERUPA BAHAN AJAR KESANTUNAN BERBAHASA INDONESIA BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 KABUPATEN BURU

  • A.Irmawati A.Irmawati FKIP Universitas Iqra Buru (UNIQBU)
  • Musyawir Musyawir FKIP Universitas Iqra Buru (UNIQBU)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengembangan materi pembleajaran berupa bahan ajar kesantunan berbahasa Indonesia bagi siswa kelas VII. Subjek penelitian ini adalah siswa smp Negeri 9 Kabupaten Buru yang berjumlah 57 orang, Penelitian ini diawali dengan analisis kebutuhan siswa dengan menggunakan kuesioner, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah rancangan materi pembelajaran kesantunan berbahasa Indonesia bagi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kabupaten Buru dikembangkan melalui beberapa tahap, yaitu 1) analisis kebutuhan siswa, kegiatan ini dilakukan untuk memperoleh informasi bagaimana kesantunan dalam penggunaan bahasa Indonesia siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Informasi didapatkan melalui kuesioner, wawancara dengan guru dan siswa, dan observasi langsung. 2) membuat desain produk, 3) penilaian produk oleh ahli, 4) revisi produk, 5) uji coba produk di lapangan, 6) revisi produk. Dari proses tersebut dihasilkan sebuah produk materi bahan ajar kesantunan berbahasa Indonesia bagi siswa kelas VII. Perbaikan uji coba produk hanya didasarkan pada hasil penilaian dosen ahli dan guru bahasa Indonesia. Setelah dilakukan perbaikan dan konsultasi dengan dosen bahasa Indonesia dihasilkan produk materi pembelajaran kesantunan berbahasa Indonesia bagi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kabupaten Buru.

Published
2020-09-16
How to Cite
A.IRMAWATI, A.Irmawati; MUSYAWIR, Musyawir. PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN BERUPA BAHAN AJAR KESANTUNAN BERBAHASA INDONESIA BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 KABUPATEN BURU. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 29 - 44, sep. 2020. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/11>. Date accessed: 18 apr. 2024.