KESALAHAN EJAAN DALAM SURAT DINAS DI FKIP UNIVERSITAS IQRA BURU DAN IMPLIKASINYA PADA MATA KULIAH PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA

  • Musyawir Musyawir FKIP Universitas Iqra Buru (UNIQBU)

Abstract

PenelitianĀ  ini betujuan untuk mendeskirpsikan kesalahan ejaan dalam surat dinas di fkip universitas iqra buru dan implikasinya pada mata kuliah penulisan karya tulis ilmiah mahasiswa program studi pendidikan bahasa Indonesia. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam peneltian ini adalah surat dinas yang keluar atau masuk di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Iqra Buru. Teknik pengumupulan data dalam peneltian ini adalah teknik catat, teknik dokumentasi, dan teknik pustaka.Hasil penelitian ini adalah penelitian kesalahan ejaan yang telah penulis lakukanpada 20 surat dinas yang keluar atau pun masuk di FKIP Univeristas Iqra Buru, diperoleh data sebanyak 67 data. Setiap data mempunyai frekuensikemunculan yang berbeda-beda.Setelah data diidentifikasi, diklasifikasikan,dan dianalisis menurut kesalahannya, dapat diketahui jumlah kesalahanberdasarkan jenis kesalahannya.Secara keseluruhan jumlah kesalahan yangterjadi adalah 152 kesalahan. Kesalahan yang paling banyak terjadi adalahkesalahan penulisan kata yang berjumlah 106 kesalahan atau 69,7 % darijumlah seluruh kesalahan, sedangkan jumlah kesalahan penulisan huruf ada26 kesalahan atau 17,1 % dari jumlah seluruh kesalahan. Kesalahan penulisantanda baca terjadi sebanyak 20 kesalahan atau 13,2 % dari jumlah keseluruhankesalahan dan tidak ditemukan kesalahan pemakaian huruf serta kesalahanpenulisan unsur serapan

Published
2020-10-26
How to Cite
MUSYAWIR, Musyawir. KESALAHAN EJAAN DALAM SURAT DINAS DI FKIP UNIVERSITAS IQRA BURU DAN IMPLIKASINYA PADA MATA KULIAH PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 45 - 55, oct. 2020. ISSN 2620-8458. Available at: <http://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/13>. Date accessed: 23 oct. 2021.