PENERAPAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK METODE ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PAI DI SDN 3/IX SENAUNG

  • Aisyah Aisyah SDN 3/IX Senaung Kecamatan Jaluko Muaro Jambi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan teori belajar humanistik dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam, untuk mengetahui hasil pembelajaran pendidikan agama
Islam dengan teori aliran humanistik melalui metode (active learning) di SDN SDN 3/IX Senaung.
Adapun jenis peneltian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif
dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan secara induktif. Penelitian kualitatif tidak dimulai dari deduksi teori,
tetapi dimulai dari fakta empiris. Analisis data dalam penelitian kualitatif juga dapat dilakukan
peneliti sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan, dan setelah selesai di lapangan. penelitian
ini dilakukan dengan rancangan multi kasus sehingga dalam menganalisis data dilakukan dua tahap
yaitu: 1. Analisis kasus tunggal menggunakan prosedur atau langkah-langkah teknik analisa data
tersebut sebagai berikut : (a) Data reduction (reduksi data), (b) Data display (penyajian data), dan (c)
Menarik kesimpulan (Conclution drawing/verification). 2. Analisis data lintas kasus mencakup
kegiatan sebagai berikut: (1) merumuskan proposisi bedasarkan temuan kasus pertama kemudian
dilanjutkan kasus kedua, 2) membandingkan dan memadukan temuan teoritik dari kedua kasus
penelitian, 3) merumuskan simpulan teoritis bedasarkan analisis lintas kasus sebagai temuan akhir
dari kedua kasus penelitian.
Berdasarkan hasil penilitian bahwa penerapan teori belajar humanistik (active learning) pada
pembelajaran PAI di SDN SDN 3/IX Senaung terlaksana cukup baik dan telah berjalan baik dengan
mendidik serta membimbing siswa agar dapat belajar menggunakan berbagai teknik atau strategi
secara aktif. Hal itu ditandai adanya tanggapan dan terjadinya perubahan perilaku yang positif dalam
aspek interaktif, motivasi belajar, penguatan daya ingat dan toleransi.

Published
2020-09-16
How to Cite
AISYAH, Aisyah. PENERAPAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK METODE ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PAI DI SDN 3/IX SENAUNG. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 56 - 65, sep. 2020. ISSN 2620-8458. Available at: <http://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/14>. Date accessed: 27 jan. 2022.