PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 2 SUNGAYANG

  • Tiara Fikriani STKIP Ahlussunnah

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa diantaranya karena pembelajaran didalam kelas didominasi oleh guru dan ketika diberi soal mereka belum bisa menggembangkan jawaban dalam suatu masalah yang diberikan. Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang bisa meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Salah satu cara yang dapat digunakan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS).lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPN 2 Sungayang.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Sungayang. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan metode undian, terambil kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dan VII 1 sebagai kelas kontrol. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pada taraf α = 0,05. Karena data sampel berdistribusi normal dan homogen , dari hasil penelitian diperoleh thitung = 1,97 dan ttabel = 1,67 karena t hitung > t tabel maka hipotesis yang diajukan diterima pada taraf kepercayaan 95%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS).lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional.

References

Ansari, B. 2009.Komunikasi Matematika Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh :
Pena.
B. Uno, Hamzah.2010.Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Munandar , Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas anak Berbakat. Jakarta:
Rineka Cipta.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Trianto. 2011, Mendesains Model Pembelajaran Inovatif – Progresif.
Jakarta:Putra Gratika.
Published
2018-03-30
How to Cite
FIKRIANI, Tiara. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 2 SUNGAYANG. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 62 - 70, mar. 2018. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/141>. Date accessed: 19 apr. 2024.