DAMPAK PENGGUNAAN HANDPHONE DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP SISWA KELAS XI di SMAN 3 PALANGKA RAYA

  • Deby Deby Universitas Palangka Raya
  • Offeny offeny
  • Ahmad Saefulloh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Dampak  Penggunaan Handphone Dalam Pembelajaran PKn Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Siswa Kelas XI di SMAN 3 Palangka Raya. Dampak penggunaan handphone dalam pembelajaran PKn ini meliputi penggunaan handphone pada peserta didik SMAN 3 Palangka Raya, dampak positif penggunaan handphone di sekolah, dampak negatif penggunaan handphone di sekolah, kendala siswa dalam menggunakan handphone secara positif, dan penggunan handphone dalam meningkatkan pembelajaran PKn. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Didasarkan atas kenyataan yang sedang berlangsung sekarang. Berdasarkan hasil penelitian dapat di jelaskan pelaksanaan penggunaan handphone terdapat hal positif  dan negatif yang dapat mempengaruhi pembelajaran PKn dimasa pandemi Covid-19, Penggunaan handphone sebagai media pembelajaran memiliki peran yang signifikan dalam menunjang kegiatan pembelajaran penggunanya. Berbagai fasilitas, kelebihan dan kemampuan yang terdapat pada handphone memberikan kemudahan dan keuntungan bagi seseorang untuk mencari materi melalui berbagai aplikasi, namun tidak terlepas juga dari  dampak negatifnya yang mempengaruhi siswa. dan adapun kendala siswa dalam menggunakan handphone secara positif iya lah iklan-iklan konten dewasa yang kerap muncul pada website saat siswa sedang mencari bahan materi untuk belajar yang menyebabkan siswa kehilangan fokus, dan upaya mengatasi hal tersebut iyalah dengan mendownload aplikasi AdGuard.

References

Edwin. 2019. “Aliran dalam Psikologi dan Pandangan Tentang Karakter Manusia 1.” 1–5.
Hanafy, Muh. Sain. 2014. “KONSEP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan.
Novitasari, Indah Devi. 2014. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Keberanian Siswa Untuk Bertanya Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.” Naskah Publikasi.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu : Teori, Praktik Dan Penilaian.
Winarno. 2013. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Isi, Strategi, Dan Penilaian).
Published
2021-03-22
How to Cite
DEBY, Deby; OFFENY, Offeny; SAEFULLOH, Ahmad. DAMPAK PENGGUNAAN HANDPHONE DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP SISWA KELAS XI di SMAN 3 PALANGKA RAYA. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 204 - 210, mar. 2021. ISSN 2620-8458. Available at: <http://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/143>. Date accessed: 11 may 2021.