MELALUI KETERAMPILAN MENDONGENG SALAH SATU USAHA GURU MEMBANGUN PENDIDIKAN BERKARAKTER DI SEKOLAH RENDAH

  • Delfianto Delfianto STKIP Ahlussunnah

Abstract

Penanaman pendidikan  karakter bagi siswa amat penting dilakukan oleh guru pada saat sekarang ini. Kegiatan belajar mengajar di sekolah membutuhkan teknik dan kecakapan bagi guru salah, satunya kemampuan bersastra yakni mendongeng. Melalui kemampuan mendongeng guru dapat menerapkan nilai karakter pada siswanya. Beratnya beban pembelajaran, pencapaian target pembelajaran dengan target belajar tuntas menjadikan kondisi sekolah menjenuhkan bagi siswa. Perubahan kurikulum  yang terjadi dari setiap dekade kebijakan, juga berpengaruh pada paradigma guru dalam mengajar. Kecendrungan guru memberikan pemadatan materi terhadap siswa sangat berdampak pada kemajuan  siswa. Hail ini dilakakukan kerena tujuan akhir pembelajaran adalah siswaa lulus  UAS atau UN dengan sempurna. Melalui berbagai himbauan secara persuasif tidak mendapat tempat lagi di hati siswa.  Perubahan kurikulum Tingkat Satuan Penddidikan kepada Kurikulum 2013 memberikan warna baru bagi dunia pendidikan saat ini. Penyesuaian demi penyesuaian dilakukan oleh guru untuk mencapai pembelajaran yang dinamis. Belajar dari perjalan kurikulum yang didasarkan pada kompetensi siswa, belum membuahkan hasil yang diharapkan. Dengan hadirnya kurikulum 2013 berbasis teks yang bertitik tolak pada pembentukan karakter diharapkan dapat  mengembangkan potensi dan kompetensi siswa secara maksimal.

References

Danandjaja, James. 2007. Foklor Indonesia. Jakarta: Grafik pers.

Fathurrohman,P.,AASuryana,danFennyFatriany.
2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung:RefikaAditama.

Hidayat, Arif. 2009. Pengaruh DongengDalamMasaKanak- KanakTerhadap Perkembangan Seseorang(Jurnal). Purwokerto:Pusat Studi Gender STAIN. Issn: 1907-2791 Vol.4 No.2.

Tim Redaksi KBBI. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. PendidikanKarakterDiSekolahMenengah Pertama”.Jakarta.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter Berdasarkan Pengalaman di Satuan PendidikanRintisan.Jakarta.
Nurgiantoro, Burhan. 2007. Teori Pengajaran Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Madah Universitas Press.

Hermino, Agustinus. 2014. Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter.Bandung: Alfabeta

Kesuma, Dharma., dkk. 2011. Pendidikan Karakter. Kajian Toeri dan Paraktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2020-09-28
How to Cite
DELFIANTO, Delfianto. MELALUI KETERAMPILAN MENDONGENG SALAH SATU USAHA GURU MEMBANGUN PENDIDIKAN BERKARAKTER DI SEKOLAH RENDAH. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 195 - 203, sep. 2020. ISSN 2620-8458. Available at: <http://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/144>. Date accessed: 27 jan. 2022.