RAGAM BAHASA COPYWRITING BISNIS ONLINE INSTAGRAM

(KAJIAN SOSIOLINGUISTIK)

  • Utami Maulida Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani, Tangerang
  • Zakaria Zakaria STAI Binamadani Tangerang

Abstract

Penggunaan bahasa sebagai alat komunikasi di Instagram membawa pengaruh kepada perkembangan bahasa Indonesia. Berbagai variasi bahasa baru di setiap kategori semakin banyak jumlahnya sehingga perlahan bahasa baku tertimbun. Kenyataannya pada artikel ini banyak pebisnis online Instagram tidak menggunakan bahasa baku dan termasuk kategori ragam bahasa non resmi yang bersifat persuasif. Pada proses penggunaan bahasa copywriting terjadi perubahan linguistik seperti abreviasi, zeroisasi, onomatope, ellipsis dan mixing code. Pebisnis Online Instagram membuat copywriting secara manasuka, terlihat komunikatif dan apik memodifikasikannya sehingga dapat dipahami dengan mudah.  Penulisan ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualiatatif dengan metode analisis isi (content analysis). Hasil data dari ujaran lisan maupun tulis yang diperoleh akan dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskripsi kalimat-kalimat. Objek yang dianalisis berupa kata, frasa dan kalimat pada konten copywriting pada akun Instagram bisnis. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan membaca, mencatat, dan menganalisis.

References

Barron, N. S. Always on: Language in an Online anda Mobile World. New York: Oxford University. 2008
Chaer, Abdul. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Rineka Cipta: Jakarta. 2004.
Hakim, Budiman. Ngobrolin Iklan Yuk!. Galang Press: Yogyakarta. 2007
Febriyanti, Beby Dwi Ragam Bahasa dalam Aktivitas Jual Beli pada Pasar Tradisional, Pasar Modern, dan Daring Ditinjau Dari Kelas Sosial. diakses pada website http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/914/832
Lukitaningsih, Iklan yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Yogyakarta. 2013.
Nababan. Soisiolinguistik Suatu Pengantar, Gramedia: Jakarta. 2009
Pateda, Mansoer Sosiolinguistik. Angkasa: Bandung. 1987.
Prihantini, Ainia. Master Bahasa Indonesia: Panduan Tata Bahasa Indonesia Terlengkap. Benteng Pustaka :Yogyakarta. 2015.
Sarah, Siti. Karakteristik Ragam Bahasa Hukum dalam Teks Qanun Aceh. Master Bahasa, 2018
Setyorini, Nurul. Analysis of Hypnoselling Linguistic Encoding Forms in Online Promotion Copywrting Techniques. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 4 Nomor 1, Juni 2020
Tutik, Anisa Dimas. Variasi dan Fungsi Ragam Bahasa Pada Iklan dan Slogan Situs Belanja Online Shopee. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.Vol. 2

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/06/14/pengguna-instagram-di-indonesia-didominasi-wanita-dan-generasi-milenial
https://kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digitalasia/0/sorotan_media
Published
2021-03-22
How to Cite
MAULIDA, Utami; ZAKARIA, Zakaria. RAGAM BAHASA COPYWRITING BISNIS ONLINE INSTAGRAM. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 211 - 217, mar. 2021. ISSN 2620-8458. Available at: <http://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/145>. Date accessed: 11 may 2021.