PEMBELAJARAN DARING MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SD MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN KARTU KATA

  • Ahadiyatul Kamilah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi
  • Ronny Mugara Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi
  • Siti Ruqoyyah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui membaca permulaan siswa kelas 1 sekolah dasar dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning berbantuan kartu kata, persamaan dan perbedaan  membaca permulaan menggunakan model Contextual Teaching and Learning berbantuan kartu kata. Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya keterampilan membaca permulaan siswa sekolah dasar di kelas rendah.  Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya keterampilan siswa dalam membaca permulaan, diantaranya model dan media pembelajaran yang kurang efektif yang digunakan guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan data sekunder atau studi literatur yang bersifat kepustakaan (library research).  Data sekunder atau studi literatur berdasarkan satu skripsi dan empat jurnal yang dianalisis untuk mengetahui konsep, persamaan dan perbedaan. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan: (1) Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada  siswa kelas 1 sekolah dasar; 2) Terdapat perbedaan dan persamaan membaca permulaan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning yaitu persamaannya setiap penelitian menyimpulkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada  siswa kelas 1 sekolah dasar. Sedangkan perbedaannya adalah tujuan penelitian, jumlah sampel subjek yang diteliti

References

Alfani, & Ardiansyah. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Metode Permainan Kartu Huruf Siswa Sd Negeri 7 Hu’u Tahun Pembelajaran 2019/2020. (JIIP) Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(2), 285–289.

Antara, P. A., Ujianti, P. R., & Patissera, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 221–231. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21263

Azka, N., Mintarsih, A., & Ruqoyyah, S. (2018). Contextual Teaching and Learning Approach to Improve Activities and Student Learning Results in Math Learning of Angle Material In 4th Grade At Sdn 104 Langensari-Senanggalih Kecamatan Coblong Bandung City. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 1(4), 154–167.

Darmajari, Heriawan, & Senjaya. (2012). Metodologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis. Banten: LP3G.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Gading, I. . K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata dengan Media Kartu Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270–276. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417

Hartono, R. (2014). Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Bandung: DIVA Press

Mahanani, F. A. (2014). Keunggulan dan Kelemahan Pembelajaran Kontekstual (CTL).

Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Big Book pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 60–78. https://doi.org/ttps://doi.org/10.36835/bidayatuna.v2i1.361.

Maya, R., & Ruqoyyah, S. (2018). The Role of contextual teaching and learning on student’s problem solving ability and disposition. JIML-Journal of Innovative Mathematics Learning, 1(1), 31–40.

Nuraini, M. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual dengan Media Kartu Kata terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri Sondakan. http://eprints.ums.ac.id/66229/1/NASKAH PUBLIKASI.pdf

Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Membaca Permulaan di Kelas Satu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 69–76. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i12017p069

Pratiwi, P. I., Ganing, N. N., & Abadi, I. B. G. S. (2014). Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SD No. 6 Dalung. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4127

Purwanto. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Kata. MEDIA DIDAKTIKA, 5(1), 77–86.

Putri, K. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Metode Pembelajaran Kontekstual untuk Anak Berkesulitan Belajar Membaca Kelas II di SD Teruna Bangsa Sleman 2012/2013. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Widia Ortodidaktika, 7(3), 249–261.

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Media Flashcard pada Siswa Kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127–137. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650

Rahmatika, P., Hartati, S., & Yetti, E. (2019). Metode Pembelajaran Mind Map dan Bercerita dengan Gaya Kognitif, Pengaruhnya terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 548–560. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.260

Ruqoyyah, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah serta Disposisi Matematik Siswa MA melalui Contextual Teaching and Learning. STKIP Siliwangi.

Ruqoyyah, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa MA Melalui Contextual Teaching And Learning. Jurnal Ilmiah P2m STKIP Siliwangi, 5(2), 85–99. https://doi.org/10.22460/p2m.v5i2p85-99.1052

Salawati, J. B., & Suoth, L. (2020). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. International Journal of Elementary Education, 4(1), 100–106. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24383

Suartini, I. A. K., Sumantri, M., & Sudarma, I. K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Alat Peraga Kartu Huruf Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2280

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learnning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Susilawati, W. (2014). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Insan Mandiri.

Wulan, P. M. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Berkesulitan Belajar Membaca Kelas 1 SD Negeri 1 Lempuyangan Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Widia Ortodidaktika, 6(8), 807–814.

Wulandari, M. A., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., Altaftazani, D. H., & Ruqoyyah, S. (2020). Analisis Pembelajaran “Daring” pada Guru Sekolah Dasar di Era Covid-19. Jurnal P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 164–168. https://doi.org/10.22460/p2m.v7i2p%p.2002
Published
2021-03-22
How to Cite
KAMILAH, Ahadiyatul; MUGARA, Ronny; RUQOYYAH, Siti. PEMBELAJARAN DARING MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SD MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN KARTU KATA. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 218 - 226, mar. 2021. ISSN 2620-8458. Available at: <http://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/146>. Date accessed: 11 may 2021.