PENERAPAN MANAJEMEN SEKOLAH DASAR BERBASIS AKUNTABILITAS KINERJA

  • Elizona Elizona SDN 211/IX Mendalo Darat

Abstract

Sekolah sebagai lembaga pendidikan dituntut untuk mampu berkompetisi pada kompleksnya persaingan global. Memperbaiki pengelolaan pada jenjang sekolah dasar merupakan salah satu upaya yang dilakukan dengan menerapkan konsep manajemen berbasis sekolah, dimana terdapat pilar partisipasi, transparansi, dan akuntabilitas. Bentuk pelaporan pertanggungjawaban sekolah dalam melaksanakan aktifitas/ program sekolah, dimana kinerja sekolah terdiri dari komponen input-proses-output yang secara simultan saling berkait yang merupakan suatu Akuntabilitas kinerja. Sekolah mempunyai tujuh substansi manajemen yang menjadi poin dalam mengidentifikasi kinerja sekolah, ketujuh hal tersebut adalah manajemen kurikulum, peserta didik, sumber daya manusia, keuangan, sarana dan prasarana, hubungan masyarakat, dan layanan khusus. Dengan adanya akuntabilitas kinerja sekolah dapat membantu sekolah, masyarakat, maupun pemerintah untuk mengenali profil dan ketercapaian program sekolah lebih dalam.

Published
2020-10-26
How to Cite
ELIZONA, Elizona. PENERAPAN MANAJEMEN SEKOLAH DASAR BERBASIS AKUNTABILITAS KINERJA. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 66 - 73, oct. 2020. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/15>. Date accessed: 19 apr. 2024.