PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN TEKNIK INDEX CARD MATCH DI SD NEGERI 59/IX MUARO JAMBI

  • Halimah. A Halimah. A SDN 59/IX Penyengat Olak Muaro Jambi

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan mata pelajaran pokok dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah di Indonesia. Mata pelajaran IPS memiliki Kompetensi Dasar yang menyangkut berbagai masalah sosial yang dirumuskan dengan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner. Tujuan pengembangan mata pelajaran IPS adalah untuk mengembangkan potensi yang ada pada siswa baik itu aspek pengetahuan, bakat dan ketrampilan, sehingga potensi yang dimiliki siswa dapat dikembangkan untuk dimasa yang akan datang.


Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model active learning tipe index card match. Penelitian ini memilih model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 59/IX Penyengat Olak Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini mengambil subjek siswa kelas VI yang terdiri dari 28 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, evaluasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model active learning tipe index card match dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas VI SD Negeri 59/IX Penyengat Olak Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pencapaian hasil belajar ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan pada kondisi awal pra tindakan siswa yang mendapat nilai hasil belajar di atas KKM ada 13 siswa (46,4%), kondisi pada siklus I siswa yang mendapat nilai hasil belajar di atas KKM sebanyak 15 siswa (53,6%), peningkatan hasil belajar tersebut terus mengalami peningkatan pada siklus II, siswa yang mendapat nilai hasil belajar di atas KKM sebanyak 22 siswa (78,6%).

Published
2020-09-14
How to Cite
HALIMAH. A, Halimah. A. PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN TEKNIK INDEX CARD MATCH DI SD NEGERI 59/IX MUARO JAMBI. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 84 - 99, sep. 2020. ISSN 2620-8458. Available at: <http://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/16>. Date accessed: 27 jan. 2022.