PENINGKATAN SIKAP KEDISIPLINAN DALAM PEMBELAJARAN PKN MENGGUNAKAN MODEL PARADIGMA PEDAGOGI REFLEKTIF BAGI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

  • Husniatun Husniatun SDN 03/Senaung Kec. Jaluko Kabupaten Muaro Jambi

Abstract

Sikap kedisiplinan peserta didik kelas III SDN 03/IX Senaung yang rendah, terlihat dari hasil pembagian kuesioner kondisi awal. Melihat hasil kondisi awal mendorong peneliti untuk meningkatkan sikap kedisiplinan di kelas III SDN 03/IX Senaung. Rendahnya sikap kedisiplinan perlu dicari solusi pemecahan masalahnya, salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan disiplin adalah menggunakan model Paradigma Pedagogi Reflektif. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menggambarkan dan mengetahui pelaksanaan pembelajaran model pedagogi reflektif untuk meningkatkan sikap kedisiplinan dalam pembelajaran PKn bagi peserta didik kelas III SD Negeri 03/IX Senaung. 2) meningkatkan dan mengetahui peningkatan sikap kedisiplinan pada pelajaran PKn menggunakan model paradigma pedagogi reflektif dapat bagi peserta didik kelas III SDN 03/IX Senaung. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Dimana Siklus I dilaksanakan 2 pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik Kelas III SDN 03/IX Senaung Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 31 peserta didik. Penelitian ini mengkaji penerapan model pembelajaran paradigma pedagogi reflektif. Objek yang menjadi fokus penelitian adalah sikap kedisiplinan peserta didik dalam pembelajaran PKn. Sumber data untuk sikap kedisiplinan peserta didik dikumpulkan melalui lembar kuesioner kedisiplinan yang diisi oleh peserta didik pada akhir siklus I dan II. Hasil penelitian membuktikan sikap kedisiplinan peserta didik mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran paradigma pedagogi reflektif. Terjadinya peningkatan sikap kedisiplinan peserta didik dilihat dari perbandingan nilai kuesioner, data pada kondisi awal diperoleh nilai rata-rata adalah 71,32 dengan persentase jumlah peserta didik kedisiplinan minimal cukup 64,51% (rendah). Pada tahap siklus I diperoleh rata-rata nilai sikap adalah 83,52 dengan persentase jumlah peserta didik kedisiplinan minimal cukup 93,55% (sangat tinggi). Pada tahapan siklus II diperoleh rata- rata nilai 86,71 dengan persentase jumlah peserta didik kedisiplinan minimal cukup 100% (sangat tinggi).

Published
2020-09-22
How to Cite
HUSNIATUN, Husniatun. PENINGKATAN SIKAP KEDISIPLINAN DALAM PEMBELAJARAN PKN MENGGUNAKAN MODEL PARADIGMA PEDAGOGI REFLEKTIF BAGI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 100 - 110, sep. 2020. ISSN 2620-8458. Available at: <http://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/17>. Date accessed: 28 jan. 2022.