UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

  • Yani Sundarsih SDN 118/IX Pematang Pulai Muaro Jambi

Abstract

Untuk mencapai hasil belajar yang optimal dalam suatu proses pembelajaran, tentunya guru ingin agar siswa dapat belajar dengan optimal pula. Dalam upaya mencapai proses pembelajaran yang optimal, maka diperlukan berbagai upaya dilakukan guru, diantaranya dengan melakukan variasi metode pembelajaran. Hasil observasi dan evaluasi terhadap proses pembelajaran matematika yang dilakukan di kelas V SDN 118/IX Pematang Pulai, diperoleh informasi masih banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM pada mata pelajaran matematika, penyebab permasalahan ini ialah pendekatan pembelajaran yang diterapkan masih terpusat pada guru (teacher centered). Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti termotivasi memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut melalui penggunaan metode pendekatan pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar matematika siswa kelas V SDN 118/IX Pematang Pulai dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini dilaksanakan dalam siklus. Subjek penelitian ini ialah 25 orang siswa kelas V SDN 118/IX Pematang Pulai. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan berupa angket motivasi belajar matematika, tes pilihan ganda, dan lembar observasi keterlaksanaan pendekatan CTL. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif digunakan dalam penelitian.


Penelitian tindakan kelas ini menghasilkan kesimpulan penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar matematika siswa. Pada tahap penelitian pratindakan seluruh siswa belum dapat menuntaskan KKM, pada tahap penelitian siklus I terdapat sebanyak 11 siswa (61,11%) tuntas KKM, dan pada tahap penelitian siswa pada siklus II jumlah siswa yang dapat menuntaskan KKM 12 siswa (66,67%). Selanjutnya pada tahap penelitian pada siklus III terjadi peningkatan dimana jumlah siswa yang tuntas KKM menjadi 15 siswa (83,33%). Untuk hasil angket motivasi, diperolah data jumlah siswa yang mempunyai motivasi tinggi atau sangat tinggi sebanyak 15 siswa (83,33%) pada tahap penelitian pratindakan dan pada tahap penelitian siklus I, selanjutnya motivasi siswa dalam pembelajaran matematika menurun pada pada tahapan penelitian pada siklus II sebanyak 14 siswa (77,78%), sedangkan pada tahapan penelitian siklus III kembali meningkat menjadi 16 siswa  (88,89%).

Published
2020-09-21
How to Cite
SUNDARSIH, Yani. UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 142 - 154, sep. 2020. ISSN 2620-8458. Available at: <http://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/22>. Date accessed: 28 jan. 2022.