MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE AFTER EFFECT CC

  • Fepryna Yenti STKIP Ahlussunnah

Abstract

Salah satu upaya optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh(PJJ), khususnya diera pandemic covid 19 yaitu dengan pemberian video pembelajaran. Melalui video diharapkan siswa lebih mudah untuk memahami dan mengulang materi pembelajaran di rumah. Salah satu yang dapat digunakan yaitu media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan software adobe after effect CC yang valid, praktis dalam pembelajaran matematika khususnya di SMP Negeri 2. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D models yang dimodifikasi. Model ini terdiri dari 4 tahap yakni define, design, develop dan dissiminate. Namun pada penelitian ini hanya menggunakan 3 tahapan dari 4-D models, yaitu tahap define, design, dan develop pada tahap define dilakukan analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis kurikulum, dan analisis materi terkait permasalahan dalam dalam pembelajaran matematika. Pada tahap design dilakukan perancangan dan penyusunan materi aritmatika sosial pada media berdasarkan hasil analisis kebutuhan. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif menggunakan software adobe after effect CC yang dikembangkan valid dengan nilai rata-rata hasil validasi yaitu 74%. Nilai praktikalitas modul yang diperoleh dari angket respon siswa berada pada kategori praktis yaitu 72%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif menggunakan softwareadobe after effect CC yang dihasilkan sudah valid dan praktis

Published
2020-09-23
How to Cite
YENTI, Fepryna. MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE AFTER EFFECT CC. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 167 - 181, sep. 2020. ISSN 2620-8458. Available at: <http://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/24>. Date accessed: 27 jan. 2022.