PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

  • Fepryna Yenti STKIP Ahlussunnah

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri 2 Payakumbuh dapat dilihat dari proses pembelajaran yang berlangsung, siswa belum sepenuhnya terlibat secara aktif. Untuk itu diperlukan upaya agar dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 2 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi dalam penelitan ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Payakumbuh yang terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2019/2020. Sampel yang terambil adalah kelas VII5 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa adalah 31 orang dan kelas VII3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa adalah 33 orang. Berdasarkan uji-t diperoleh bahwa pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) lebih baik daripada model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Payakumbuh

Published
2020-03-23
How to Cite
YENTI, Fepryna. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 62 - 75, mar. 2020. ISSN 2620-8458. Available at: <http://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/26>. Date accessed: 28 nov. 2020.