KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SFE DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

  • Agil Fajrunnajaha Universitas Pancasakti Tegal
  • Eleonora Dwi Wahyuningsih Universitas Pancasakti Tegal
  • Isnani Isnani Universitas Pancasakti Tegal

Abstract

Variasi dalam pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk lebih aktif dilakukan dengan penerapan model pembelajaran SFE. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) apakah prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran SFE yang nilainya lebih dari atau sama dengan 65 melampaui 34%, 2) adanya perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran SFE dengan model pembelajaran konvensional, 3) model pembelajaran SFE lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar ditinjau dari keaktifan tinggi, 4) model pembelajaran konvensional lebih baik daripada model pembelajaran SFE terhadap prestasi belajar ditinjau dari keaktifan rendah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh: 1) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran SFE yang nilainya lebih dari atau sama dengan 65 melampaui 34%, 2) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran SFE dengan model pembelajaran konvensional, 3) model pembelajaran SFE lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar ditinjau dari keaktifan tinggi, 4) model pembelajaran SFE lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar ditinjau dari keaktifan rendah.

References

Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rhineka Cipta
Gaspersz, Vincent. 1995. Teknik Analisis dalam Penelitian Percobaan. Bandung: Tarsito
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-isu Metodis dan Paradigmatis). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Misbahuddin, dan Iqbal Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara
Noviya, Kiki Eka. 2014. “Keefektifan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining ditinjau dari Motivasi belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika”. Skripsi Universitas Pancasakti Tegal
Setiani, Ani dan Donni Juni Priansa. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran: Cerdas, Kreatif dan Inovatif. Bandung: Alfabeta
Sudijono, Anas. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Published
2019-09-28
How to Cite
FAJRUNNAJAHA, Agil; WAHYUNINGSIH, Eleonora Dwi; ISNANI, Isnani. KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SFE DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 21 - 26, sep. 2019. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/49>. Date accessed: 20 apr. 2024.