PENERAPANMODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 1 BASO
Abstract
Aktivitas belajar yang masih terpusat pada guru dan rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baso adalah faktor yang melatarbelakangi penelitian ini. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatifMissouri Mathematics Project.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Missouri Mathematics Projectlebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensionalpada siswa kelas VIIISMP Negeri 1Baso.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling.Data penelitian diperoleh dari tes akhir dan analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dan tes akhir diperoleh bahwa hasil belajar matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatifMissouri Mathematics Project lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional kelas VIII SMPN 1 Baso.
References
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya
Good, T. L and Grouws, D. A. (1979). The Missouri Mathematics Effectiviness Project: An Experimental Study in Fourth-Grade Classrooms. Columbia: University of Missouri
Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Garsindo.
Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakart : PT Rineka Cipta
Ruseffendi, ET. 1980. Pengajaran Matematika Modern. Bandung: Tarsito.
Shadiq, Fadjar. 2009. Model – Model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Depdiknas
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Suherman, Erman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer. Bandung :Universitas Pendidikan Indonesia.
Suryabrata, Sumadi. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada