PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

  • Syifa Fauziyah Universitas Pancasakti Tegal
  • Ponoharjo Ponoharjo Universitas Pancasakti Tegal
  • Dian Nataria Oktaviani Universitas Pancasakti Tegal

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan Geogebra terhadap kemampuan komunikasi matematis. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample. Sampel yang diambil 1 kelas eksperimen, 1 kelas kontrol, dan 1 kelas uji coba.Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi,tes, dan observasi. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi matematis dengan taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji t pihak kanan dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan model  pembelajaran Numbered Head Together berbantuan Geogebra berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis dengan presentase pengaruh sebesar 61,49%

References

Oktaviani, D. N., Sholikhakh, R. A., & Lestiana, H. T. (2018). Pendampingan Penggunaan Geogebra Untuk Guru Matematika SMP/MTS Se Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), 153-156.
Prihatin, S., Isnani, I., & Utami, W. B. (2017). keefektifan model pembelajaran demonstrasi dan model pembelajaran numbered head together terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 50-61.
Santi, H. A., Ponoharjo, P., & Oktaviani, D. N. (2018). DESKRIPSI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah Vol. I No. 2, 1(2), 109-114.
Shoimin, Aris. 2014. “68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013”. Yogyakarta: Ar-Ruzz
Sugiyono. 2015. “Metode Penelitian Pendidikan”. Bandung: Alfabeta
Susongko, Purwo. 2017. “Penilaian Hasil Belajar”. Tegal: Mahardika
Topile, D. K., Sukayasa, S., & Hadjar, I. penerapan model pembelajaran kooperatif tipe number heads together untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi segiempat di kelas vii smp kristen bala keselamatan palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 4(1).
Published
2019-09-22
How to Cite
FAUZIYAH, Syifa; PONOHARJO, Ponoharjo; OKTAVIANI, Dian Nataria. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 36 - 48, sep. 2019. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/51>. Date accessed: 28 mar. 2024.