EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN ILMU ALAM DASAR (IAD) MENGGUNAKAN MODUL BERBASIS AL-QUR’AN PADA MATERI POKOK BUMI DAN TATA SURYA

  • Zainudin Zainudin STKIP PGRI Bangkalan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran IAD menggunakan modul berbasis Al-Qur’an pada materi pokok bumi dan tata surya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian keterlaksanaan pembelajaran IAD menggunakan Modul berbasis Al-Qur’an rata-rata skala penilaian antara 3,0 dan 4,0 kategori baik. Hasil persentase keterlaksanaan pembelajaran kelas A yaitu 89 % dengan reliabilitas 92% dan kelas B 93% dengan reliabilitas 86%. Persentase ketuntasan hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan ekonomi pada kelas A 88,5% tuntas dan 11,5% tidak tuntas dan pada kelas B 96,4% tuntas dan 3,6 % tidak tuntas. Respon positif mahasiswa terhadap pembelajaran IAD menggunakan modul berbasis al-qur’an pada materi pokok bumi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IAD menggunakan modul berbasis Al-Qur’an pada materi pokok materi pokok bumi tata surya dikatakan efektif.

References

Ausubel, D.P. (1968). Educational Psychology: a Cognitive View. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Jasin, Maskoeri. 2008. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Rajawali Press.
Borich, G.D. (1994). Observation Skill for Efective Teaching Second Edition. New York. Macmilan Publishing Company.
Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Dalam J. V. Akker, R. M. Branch, K. Gustafson, N. Nieveen, & T. Plomp, Design Approaches and Tools in Education and Training (hal. 125-135). Neterlands: Kluwer Academic Publisher.
Ratumanan, T. T., & Laurens, T. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: University Press.
Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Pendidikan PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2019-03-28
How to Cite
ZAINUDIN, Zainudin. EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN ILMU ALAM DASAR (IAD) MENGGUNAKAN MODUL BERBASIS AL-QUR’AN PADA MATERI POKOK BUMI DAN TATA SURYA. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 54 - 61, mar. 2019. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/66>. Date accessed: 23 apr. 2024.