KETERAMPILAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) PADA KEGIATAN BELAJAR DAN PEMBELAJARAN OLEH GURU KELAS DI SD 01 TANGAH KAMANG HILIA KECAMATAN KAMANG MAGEK KABUPATEN AGAM

  • Abdul Istiqlal STKIP Ahlussunnah

Abstract

Penelitian ini mencoba mendeskripsikan tentang penerapan keterampilan penguatan yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran di SD 01 Tangah Kamang Hilia Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalahpenelitian kuantitatif. Populasi  penelitian adalah keseluruhan guru yang mengajar di SD 01 Tangah Kamang Hilia kecamatan kamng Magek kabupaten Agam. Sampel penelitian ini sebanyak 26  orang guru. Data penelitian ini dikumpulkan dengan mengunakan daftar pertanyaan (guentionnaire). Hasil penelitian memperlihatkan tingginya skor frekuensi dari aspek perencanaan yaitu 96 dengan persentse 61,54 %.  Aspek sering berjum berjumlah 58 dengan rata-rata 9,67 dengan dengan persentase 37,18 %, aspek kadang-kadang berjumlah 2 dengan rata-rata 0,33 dengan persentase 1,28 %, dan aspek tidak pernah berjumlah 0 dengan rata-rata 0 persen dan persentase 0%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebagain guru SD 01 Tangah kamang hilia kecamatan Kamang magek kabupataen agam telah menerapkan keterampilan penguatan (reinforcement) dalam pembelajaran.

Published
2020-09-15
How to Cite
ISTIQLAL, Abdul. KETERAMPILAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) PADA KEGIATAN BELAJAR DAN PEMBELAJARAN OLEH GURU KELAS DI SD 01 TANGAH KAMANG HILIA KECAMATAN KAMANG MAGEK KABUPATEN AGAM. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 9 - 14, sep. 2020. ISSN 2620-8458. Available at: <http://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/7>. Date accessed: 23 oct. 2021.