PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI NEGERI 5 BUKITTINGGI

  • Olyvia Mustyka STKIP Ahlussunnah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis eksposisi siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Discovery Learning lebih tinggi dari pada keterampilan menulis eksposisi siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantatif. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan teknik pertimbangan tertentu (purposive sampling). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Bukittinggi yang berjumlah 33 orang. Metode penelitian ini adalah quasi exsperimen (eksperimen semu).  Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Bukittinggi. Dalam penelitian ini terdapat 2 variabel yaitu (1) keterampilan menulis tes eksposisi tanpa menggunakan model discovery Learning dan (2) keterampilan menulis teks eksposisi dengan menggunakan model Discovery Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 5 Bukittinggi tanpa menggunakan model Discovery Learning berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata 73,63% berdasarkan uji-t diperoleh bahwa t-hitung > t-tabel yaitu 3,37 besar dari 1,65 untuk α = 0,05 dan hipotesis pada penelitian ini diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan model discovery learning terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 5 Bukittinggi.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Iskandarwassid dan Danang Sunendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Buku Guru Bahasa Indonesia SMA / MA X. Jakarta: Kemndikbud.

Kosasih. 2003. Ketatabahasaan dan Kesusastraan Bahasa Indonesia. Bandung: CV Yrama Widya.

Roestiyah. 2008. Startegi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarigan, Hendri Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Raya
Published
2020-12-28
How to Cite
MUSTYKA, Olyvia. PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI NEGERI 5 BUKITTINGGI. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 80 - 84, dec. 2020. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/70>. Date accessed: 29 mar. 2024.