KONTRIBUSI BELAJAR MANDIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI
Abstract
Di Indonesia ada dua hal yang penting dalam pembelajaran, pertama proeses pembelajaran dan kedua adalah hasil pembelajaran. Belajar mandiri merupakan proses pembelajaran yang bertumpu kepada usaha individu/mahasiswa untuk mencapai kompetensi yaitu hasil belajar. Belajar mandiri memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk aktif berpartisipasi menentukan apa yang akan dipelajari secara mandiri atau berkelompok untuk meningkatkan hasil belajar mereka. Dalam belajar mandiri mahasiswa bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Kemandirian mahasiswa merupakan variabel utama dalam belajar mandiri. Belajar mandiri memberikan kontribusi positif dan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.secara signifikan
References
Gagne, R.M. 1974. Essentials of Learning for Instruction. New York, Dreyden Press
Adderly, K.W. & Ashwin, C, 1976.The Use of Project Methods in Higher Education.London, Society for Research in Higher Education
Kozma, R.B., Belle, L,W, Williams, G.W. 1978. Instructional Techniques in
Highe Education. Englewood Cliffs, New Jersey, Educational Technology Publications.