KONTRIBUSI BELAJAR MANDIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI

  • Abdul Istiqlal STKIP Ahlussunnah

Abstract

Di Indonesia ada dua hal yang penting dalam pembelajaran, pertama proeses pembelajaran dan kedua adalah hasil pembelajaran. Belajar mandiri merupakan proses pembelajaran yang bertumpu kepada usaha individu/mahasiswa untuk mencapai kompetensi yaitu hasil belajar. Belajar mandiri memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk aktif berpartisipasi menentukan apa yang akan dipelajari secara mandiri atau berkelompok untuk meningkatkan hasil belajar mereka. Dalam belajar mandiri mahasiswa bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Kemandirian mahasiswa merupakan variabel utama dalam belajar mandiri. Belajar mandiri memberikan kontribusi positif dan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.secara signifikan

References

Chickering, A.W. 1975. Developing Inellectual Competence at Empire State.New Direction in Higher Education.

Gagne, R.M. 1974. Essentials of Learning for Instruction. New York, Dreyden Press

Adderly, K.W. & Ashwin, C, 1976.The Use of Project Methods in Higher Education.London, Society for Research in Higher Education

Kozma, R.B., Belle, L,W, Williams, G.W. 1978. Instructional Techniques in

Highe Education. Englewood Cliffs, New Jersey, Educational Technology Publications.
Published
2018-03-30
How to Cite
ISTIQLAL, Abdul. KONTRIBUSI BELAJAR MANDIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1 - 7, mar. 2018. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/75>. Date accessed: 29 mar. 2024.