KONTRIBUSI MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI I KUOK KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU

  • Dwi Viora Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan seberapa besar kontribusi minat baca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri I Kuok Kabupaten Kampar Provinsi Riau.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel total. Instrumen penelitian ini berupa angket dan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian ini berupa skor yang diubah ke dalam bentuk nilai. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment (PPM), uji korelasi ganda, uji t, uji F, dan rumus koefisien determinan untuk mengetahui besar kontribusi variabel bebassecara bersama-sama terhadap variabel terikat. Hasil penelitian ini adalah minat baca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama memberikan kontribusi yang signifikan sebesar 51,8% terhadap kemampuan membaca pemahaman karena thitung > ttabel atau 26,87 > 3,18. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa minat baca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri I Kuok Kabupaten Kampar Provinsi Riau

References

Depdiknas. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.


Fauzi, Muchamad. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Sebuah Pengantar.
Semarang: Walisongo Press.

Harsono, Amiliya Setiya Rina. Dkk. 2012. “Pengaruh Strategi Know Want To Learn (KWL) Dan Minat Membaca terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa SMP Negeri di Temanggung”. Jurnal Penelitian Bahasa,

Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Vol. 1 No. 1, (online), (http://jurnal. fkip.uns.ac.id, diakses 15 Juli 2013).

Nurhadi. 2008. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Samsiyah, Siti, dkk. 2013. “Hubungan antara Penguasaan Kosakata dan Motivasi

Belajar dengan Kemampuan Membaca Cerita (Survei pada Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Jatiroto)”. Jurnal Pendidikan bahasa dan sastra. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Vol. 1 , No. 1, (online), (jurnal. pasca.uns.ac.id, diakses 15 Juli 2013).

Tarigan, Henry Guntur, dkk. 2011. Membaca dalam Kehidupan (Edisi Revisi).Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 2011. Pengajaran Kosakata (Edisi Revisi). Bandung:

Angkasa.

Wainwright, Gorden. 2007. Speed Reading Better Recalling Manfaat Teknik-Teknik Teruji untuk Membaca Lebih Cepat dan Mengingat secara Maksimal. Jakarta: Gremedia Pustaka Utama.
Published
2018-03-30
How to Cite
VIORA, Dwi. KONTRIBUSI MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI I KUOK KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 90 - 98, mar. 2018. ISSN 2620-8458. Available at: <http://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/77>. Date accessed: 04 mar. 2021.