DAMPAK SOSIAL EKONOMI ALIH FUNGSI LAHAN PERKEBUNAN KARET KE PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI DESA KOTO TINGGI, KABUPATEN ROKAN HULU PROVINSI RIAU

  • Ria Sri Angelina Mahasiswa STKIP Ahlussunnah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak sosial ekonomi alih fungsi lahan perkebunan karet ke perkebunan kelapa sawit di Desa Koto Tinggi Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Fokus kajian penelitian ini adalah (1) Penyebab Alih Fungsi Lahan, (2) Dampak Sosial Alih Fungsi Lahan, (3) Dampak Ekonomi Alih Fungsi Lahan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan penelitian diambil melalui teknik Snowball Sampling yaitu terdiri dari 14 masyarakat Desa Koto Tinggi, 3 orang Toke kelapa sawit di Desa Koto Tinggi.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk itu dalam penelitian ini dituntut keterlibatan peneliti secara langsung di lapangan melalui pengamatan secara langsung yang terdiri dari ungkapan orang itu sendiri atau tingkah laku yang tergambar di lokasi penelitian. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka hasil dari penelitian adalah sebagai berikut: (1) Faktor Penyebab alih fungsi lahan adalah perawatan karet yang sulit, harga pupuk karet mahal, penyadapan karet yang dilakukan setiap harinya, produksi getah karet sedikit, harga karet turun, usia karet yang sudah tua (2) Dampak sosial alih fungsi lahan adalah Interaksi dengan sesama petani kelapa sawit terjalin baik terutama membahas tentang persawitan, berbagi informasi tentang kelapa sawit, selalu bekerja sama, dan bergabung dalam asosiasi yang ada, status sosial meningkat, biaya pendidikan anak terpenuhi (3) Dampak ekonomi alih fungsi lahan yaitu pendapatan meningkat, kebutuhan keluarga terpenuhi, jika masa trek tiba yaitu masa dimana hasil produksi kelapa sawit berkurang petani harus mampu berhemat untuk pemenuhan kebutuhannya.

Published
2019-12-16
How to Cite
ANGELINA, Ria Sri. DAMPAK SOSIAL EKONOMI ALIH FUNGSI LAHAN PERKEBUNAN KARET KE PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI DESA KOTO TINGGI, KABUPATEN ROKAN HULU PROVINSI RIAU. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 2, dec. 2019. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/118>. Date accessed: 07 oct. 2022.