PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 36 SIJUNJUNG

  • Cician Calya Melfa Yanti Mahasiswa STKIP Ahlussunnah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional kelas VIII SMPN 36 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan dalam bentuk penelitian eksperimen semu (quasi-eksperimental) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah total sampling. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan total samling dengan kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan hasil belajar matematika siswa. Analisis data menggunakan software Minitab. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII yang belajar dengan metode kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional di SMPN 36 Sijunjung.

Published
2019-12-23
How to Cite
YANTI, Cician Calya Melfa. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 36 SIJUNJUNG. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 2, dec. 2019. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/121>. Date accessed: 07 oct. 2022.