PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBENTUK KOMIK UNTUK MENINGATKAN KEMEMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN/MTSN

  • Ezy Apriliana Mahasiswa STKIP Ahlussunnah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbentuk komik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMPN/MTSn yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian yang dilakukan berjenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D models yang dimodifikasi. Model 4D terdiri dari 4 tahap yakni define, design, develop dan disseminate. Namun pada penelitian ini hanya menggunakan 3 tahapan dari 4-D models, yaitu tahap define, design, dan develop. Tahap define dilakukan analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis kurikulum, dan analisis materi terkait permasalahan dalam pembelajaran matematika. Tahap design dilakukan perancangan dan penyusunan materi bilangan pecahan pada bahan ajar berdasarkan hasil analisis kebutuhan. Kemudian dilakukan evaluasi sendiri yang selanjutnya divalidasi oleh para ahli, selanjutnya dilakukan evaluasi perorangan terhadap 3 orang siswa dan evaluasi kelompok kecil terhadap 8 orang siswa dan uji kelas besar untuk diuji efektifitasnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar matematika berbentuk komik yang dikembangkan telah valid .dengan nilai hasil validasi yaitu 90 %. Nilai praktikalitas bahan ajar matematika berbentuk komik yang diperoleh dari angket respon guru adalah 81% dan siswa adalah 86% yang keduanya dapat dikategorikan sangat praktis. Untuk hasil nilai uji efektifitas pada kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh nilai 73% dengan kategori efektif. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar matematika berbentuk komik yang dihasilkan sudah valid, praktis dan efektif.

Published
2019-12-23
How to Cite
APRILIANA, Ezy. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBENTUK KOMIK UNTUK MENINGATKAN KEMEMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN/MTSN. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 2, dec. 2019. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/123>. Date accessed: 07 oct. 2022.