PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS METODE SELF DIRECTED LEARNING (SDL)TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA N 2 TILATANG KAMANG

  • Feni Retna Wilis Mahasiswa STKIP Ahlussunnah
  • Tiara Fikriani STKIP Ahlussunnah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, pratikalitas dan efektifitas (1) peningkatan penguasaan proses belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Self Directed Learning (SDL) dengan pembelajaran konvensional. (2) peningkatan aktifitas siswa yang menggunakan Self Directed Learning dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. (3) pembelajaran Self Directed Learning dengan kemampuan berfikir kritis siswa terhadap penguasaan materi dan pemahaman siswa. Penelitian menggunakan model Four-D define (pendefinisian), design (perancangan) development (pengembangan). Penelitian dilakukan di SMA N 2 Tilatang Kamang. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 dan X MIPA. Kelas X MIPA dijadikan sebagai kelas evaluasi one to one dan kelas X IPS 1 dijadikan sebagai kelas small group dan kelas efektifitas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Self Directed Learning lebih praktis dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada penguasaan materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linier satu variabel.

Published
2019-12-13
How to Cite
WILIS, Feni Retna; FIKRIANI, Tiara. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS METODE SELF DIRECTED LEARNING (SDL)TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA N 2 TILATANG KAMANG. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 2, dec. 2019. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/124>. Date accessed: 07 oct. 2022.