PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS WORD SQUARE TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 TILATANG KAMANG TAHUN AJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKS Word Square terhadap kemampuan berfikir kritis yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D (Four D Models), yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap diseminasi (Disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Tilatang Kamang. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) telah dihasilkan LKS Word Square terhadap kemampuan berfikir kritis yang layak digunakan untuk meningkatkan penguasaan materi oleh penilaian validator dengan kategori sangat valid yaitu 84,46%, (2) peningkatan penguasaan materi siswa setelah menggunakan LKS Word Square terhadap kemampuan berfikir kritis dengan kategori sangat praktis yaitu 81,11%, (3) berdasarkan analisis terhadap hasil belajar kognitif berupa penguasaan materi didapat dari soal posttest berfikir kritis dengan kategori sangat efektif yaitu 86,08% . Maka dapat dinyatakan LKS Word Square yang dihasilkan sudah valid, praktis, dan efektif.