PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS WORD SQUARE TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 TILATANG KAMANG TAHUN AJARAN 2019/2020

  • Fitri Annisa Mahasiswa STKIP Ahlussunnah
  • Tiara Fikriani STKIP Ahlussunnah
  • mirda swetherly nurva STKIP Ahlussunnah Bukittinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKS Word Square terhadap kemampuan berfikir kritis yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D (Four D Models), yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap diseminasi (Disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Tilatang Kamang. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) telah dihasilkan LKS Word Square terhadap kemampuan berfikir kritis yang layak digunakan untuk meningkatkan penguasaan materi oleh penilaian validator dengan kategori sangat valid yaitu 84,46%, (2) peningkatan penguasaan materi siswa setelah menggunakan LKS Word Square terhadap kemampuan berfikir kritis dengan kategori sangat praktis yaitu 81,11%, (3) berdasarkan analisis terhadap hasil belajar kognitif berupa penguasaan materi didapat dari soal posttest berfikir kritis dengan kategori sangat efektif yaitu 86,08% . Maka dapat dinyatakan LKS Word Square yang dihasilkan sudah valid, praktis, dan efektif.

Published
2019-12-14
How to Cite
ANNISA, Fitri; FIKRIANI, Tiara; NURVA, mirda swetherly. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS WORD SQUARE TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 TILATANG KAMANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 2, dec. 2019. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/125>. Date accessed: 29 mar. 2024.