PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BAGI SISWA KELAS VII SMP N 5 KABUPATEN TEBO

  • Lola Anggraini Mahasiswa STKIP Ahlussunnah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap pemahaman konsep matematis bagi siswa kelas VII SMP N 5 Kabupaten Tebo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu define, design, dan develop. Pada tahap define dilakukan analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis materi, dan analisis kurikulum. Pada tahap design dilakukan pemilihan bahan ajar yang dikembangkan, menentukan format LKS berdasarkan hasil analisis yang dilakukan. Kemudian dilakukan tahap develop, pada tahap ini dilakukan ujicoba produk yaitu pada 3 orang siswa untuk evaluasi perorangan, 8 orang siswa untuk evaluasi kelompok kecil, dan 30 orang siswa untuk uji lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang dikembangkan telah valid dengan nilai rata-rata 80,40% berada pada kategori valid. Nilai praktikalitas LKS yang diperoleh dari angket respon siswa dan guru dengan nilai rata-rata 87,5% dan 87,891% pada kategori sangat praktis. Nilai efektifitas siswa diperoleh dari hasil ujian akhir bab (post-test) dengan nilai rata-rata 81,832% dengan kategori sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap pemahaman konsep matematis bagi siswa kelas VII SMP N 5 Kabupaten Tebo yang dihasilkan sudah valid, praktis, dan efektif.

Published
2019-12-05
How to Cite
ANGGRAINI, Lola. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BAGI SISWA KELAS VII SMP N 5 KABUPATEN TEBO. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 2, dec. 2019. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/126>. Date accessed: 07 oct. 2022.