PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS KELAS VIII SMP NEGERI 1 BUKITTINGGI

  • Melisa Lestari Mahasiswa STKIP Ahlussunnah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan saintifik yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan tiga tahap, yaitu define, design, dan developmen. Tahap define meliputi analisis struktur isi,analisis siswa, dan analisis konsep. Tahap design yaitu merancang Lembar Kerja matematika berbasis pendekatan saintifik. Selanjutnya tahap develop yaitu untuk analisis pengumpulan data. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket uji validasi , angket uji praktikalitas dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis pengumpulan data maka dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Siswa matematika berbasis pendekatan saintifik pada materi koordinat kartesius kelas VIII SMPN 1 Bukittinggi sudah valid dengan rata-rata 81 %, praktis dengan rata-rata 95,3 % dari guru dan 86.18 % dari siswa dan efektif dengan ratarata 84 %.

Published
2019-12-24
How to Cite
LESTARI, Melisa. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS KELAS VIII SMP NEGERI 1 BUKITTINGGI. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 2, dec. 2019. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/127>. Date accessed: 25 apr. 2024.