PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 BUKITTINGGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Rahayu Prihati Ningsih Mahasiswa STKIP Ahlussunnah

Abstract

Komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan sangat penting pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh siswa. Kenyataan di SMP Negeri 7 Bukittinggi, bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih kurang. Maka diperlukan upaya agar siswa dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental. Populasi penelitin ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 167 siswa yang terdiri dari 6 kelas. Setelah dianalisis ternyata seluruh kelas VIII SMP Negeri 7 Bukittinggi tahun pelajaran 2019/2020 berdistribusi normal, homogen. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Kelas sampel adalah kelas VIII6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII4 sebagai kelas kontrol. Hipotesis yang dikemukakan adalah: “Kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih baik dibandingkan dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di Kelas VIII SMP Negeri 7 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2019/2020”.
Data hasil penelitian ini adalah data tes kemampuan komunikasi matematis siswa yang diperoleh dengan memberikan tes kemampuan komunikasi matematis kepada kedua kelas sampel. Untuk uji hipotesis dilakukan dengan bantuan software minitab menggunakan uji-t dengan taraf nyata (α) = 0,05 diperoleh P-value yaitu 0,001 dan karena P-value < taraf nyata (α) = 0,05 maka hipotesis yang diajukan diterima pada taraf kepercayaan 95%. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih baik dibandingkan dari kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 7 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2019/2020.

Published
2019-12-18
How to Cite
NINGSIH, Rahayu Prihati. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 BUKITTINGGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 2, dec. 2019. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/129>. Date accessed: 28 mar. 2024.