ASAL – USUL CERITA DANAU MANINJAU : TINJAUAN RESEPSI SASTRA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMP MANINJAU KECAMATAN TANJUNG RAYA KABUPATEN AGAM

  • Nola Murdiona Mahasiswa STKIP Ahlussunnah
  • Endang Wahyuningsi STKIP Ahlussunnah
  • Hasmi Novianti STKIP Ahlussunnah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kisah legendaris Putri Siti Rasani dan Giran yang hingga saat ini dipercaya oleh masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan resepsi masyarakat Maninjau terhadap legenda tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di kawasan Maninjau Maninjau Kecamatan Tanjung Raya. Informan penelitian ada 10 orang. Dalam penelitian ini peneliti merupakan instrumen utama yang ditunjang berupa alat perekam yaitu telepon genggam dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pencatatan. Tahap kedua, pengumpulan data tentang cerita Danau Maninjau dilakukan melalui observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan. mentranskripsikan data yang direkam menjadi data tertulis, melakukan transliterasi dari bahasa daerah ke bahasa Indonesia, mendeskripsikan data penelitian sesuai objek penelitian, menyimpulkan hasil penelitian. Berdasarkan penelitian, Danau Maninjau merupakan cerita asli daerah Maninjau. Salah satu keaslian cerita ini adalah letusan gunung di kawasan Maninjau. Asal muasal cerita Danau Maninjau. Resepsi sastra mengenai cerita Danau Maninjau adalah masyarakat mempercayai cerita tersebut dan masyarakat percaya bahwa cerita Danau Maninjau benar-benar terjadi di kawasan Maninjau dan cerita Danau Maninjau digunakan sebagai bahan ajar sastra di SMP Maninjau.

Published
2020-06-29
How to Cite
MURDIONA, Nola; WAHYUNINGSI, Endang; NOVIANTI, Hasmi. ASAL – USUL CERITA DANAU MANINJAU : TINJAUAN RESEPSI SASTRA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMP MANINJAU KECAMATAN TANJUNG RAYA KABUPATEN AGAM. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, [S.l.], v. 2, n. 1, june 2020. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/85>. Date accessed: 24 apr. 2024.