PENGEMBANGAN LKS BAHASA INDONESIA METODE PICTURE AND PICTURE PADA MATERI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BONJOL

  • Nina Mustika Rani Mahasiswa STKIP Ahlussunnah
  • Endang Wahyuningsi STKIP Ahlussunnah
  • Olyvia Mustyka STKIP Ahlussunnah

Abstract

Pengajaran Bahasa Indonesia memerlukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang tertata dengan baik sesuai dengan kurikulum 2013 maka guru diharapkan menghasilkan LKS yang dapat menarik minat siswa untuk belajar lebih aktif, kreatif dan inovatif. LKS yang dihasilkan menggunakan metode pengembangan 4-D yang terdiri dari define, design, and develop. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan mendapatkan rata-rata kevalidan dari LKS yaitu 88,51% dengan kriteria sangat valid, dan hasil uji praktikalitas yang dilakukan oleh guru memperoleh rata-rata 96,25% dengan kriteria sangat praktis, sedangkan uji praktikalitas yang dilakukan oleh siswa adalah 86% dengan kriteria sangat praktis.

Published
2020-06-29
How to Cite
RANI, Nina Mustika; WAHYUNINGSI, Endang; MUSTYKA, Olyvia. PENGEMBANGAN LKS BAHASA INDONESIA METODE PICTURE AND PICTURE PADA MATERI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BONJOL. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, [S.l.], v. 2, n. 1, june 2020. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/86>. Date accessed: 28 mar. 2024.