PERAN GURU PKN DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 4 BUKITTINGGI

  • Ironiha Ironiha Mahasiswa STKIP Ahlussunnah
  • Hafizah Hafizah STKIP Ahlussunnah
  • Syafreni Putri Tama STKIP Ahlussunnah

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui permasalahan mengenai.(1) peran guru ppkn dalam mengembangkan nilai-nilai pancasila di SMAN 4 Bukittinggi, (2) kendala guru PPKn dalam mengembangkan nilai nilai pancasila pada siswa SMAN 4 Bukittinggi,(3) upaya guru PPKn dalam mengembangkan nilai nilai pancasila pada siswa SMAN 4 Bukittiggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan memnggunakan pendekatan deskriptif, gambaran dan lukisan suatu keadaan sebagaimana adanya. Peneliti membahas tentang peranan guru ppkn,dan informan penelitian sama yaitu guru dan siswa . Perbedaan: fokus membahas tentang  prinsp serts budaya demokrasi saja, menitikberatkan masalah pada peran guru untuk meningkatkan kreatifitas siswa, dan meningkatkan keaktifan siswa deangan menggunakan model pembelajaran kontekstual.


 


Berdasarkan hasil temuan di lapangan menunjukan bahwa.(1)peran guru ppkn dalam mengembangkan nilai pancasila pada siswa SMA N 4 Bukittinggi.a,guru sangat berperan penting untuk mengembangkan nilai pancasila pada siswa.b,guru harus memberikan contoh yang baik pada siswa seperti tidak membedakan antara siswa yang berbeda agama.c,guru harus bersikap seperti apa yang terkandung dalam nilai nilai pancasila.(2)kendala guru ppkn dalam mengembangkan nilai pancasila pada siswa SMA N 4 Bukittinggi.a,kenakalan siswa yang semakin hari semakin menjadi karena banyak pengaruh dari luar sekolah hal itu menyebabkan siswa sulit menerapkan nilai pancasila.b,kurang tegasnya guru dalam menyikapi sikap siswa yang sudah tidak sesuai dengan nilai pancasila.c,susahnya siswa dalam menerapkan sikap nilai nilai pancasila dalam kehidupan sehari hari.(3)upaya guru ppkn dalam mengembangkan nilai pancasila pada siswa SMA N 4 Bukittinggi.a,upaya yang dilakukan oleh guru adalah dimulai dari sikap guru yang adil pada semua siswa dengan begitu tidak ada rasa cemburu sosial dalam diri siswa.b,guru harus mengingatkan dan mengajarkan siswa kembali akan nilai nilai yang terkandung dalam pancasila untuk kehidupan sehari hari.c,guru harus mendukung siswa dalam bersikap seperti nilai nilai yang terkandung dalam pancasila.

Published
2020-12-29
How to Cite
IRONIHA, Ironiha; HAFIZAH, Hafizah; TAMA, Syafreni Putri. PERAN GURU PKN DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 4 BUKITTINGGI. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, [S.l.], v. 2, n. 1, dec. 2020. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/94>. Date accessed: 29 mar. 2024.