%A Roza, Melia %A Khairani, Majidah %D 2021 %T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA %K %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis   Discovery Learning terhadap pemahaman konsep matematis bagi siswa kelas VII SMP N 3 Talamau Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu define, design, dan develop . Pada tahap define dilakukan analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis materi, dan analisis kurikulum. Pada tahap design dilakukan pemilihan bahan ajar yang dikembangkan, menentukan format LKS berdasarkan hasil analisis yang dilakukan. Kemudian dilakukan tahap develop , pada tahap ini dilakukan ujicoba produk yaitu pada 3 orang siswa untuk evaluasi perorangan, 8 orang siswa untuk evaluasi kelompok kecil, dan 30 orang siswa untuk uji lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis Discovery Learning yang dikembangkan telah valid dengan nilai rata-rata 80,40% berada pada kategori valid. Nilai praktikalitas LKS yang diperoleh dari angket respon siswa dan guru dengan nilai rata-rata 87,5% dan 87,891% pada kategori sangat praktis. Nilai efektifitas siswa diperoleh dari hasil ujian akhir bab ( post-test) dengan nilai rata-rata 81,832% dengan kategori sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis Discovery Learning terhadap pemahaman konsep matematis bagi siswa kelas VII SMP N 3 Talamau Kabupaten Pasaman Barat  yang dihasilkan sudah valid, praktis, dan efektif. %U https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/187 %J Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah %0 Journal Article %P 387-398%V 4 %N 2 %@ 2620-8458 %8 2021-09-02