%A Gustriani, Delita %D 2018 %T PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MEMBACA SEKILAS MENGGUNAKAN GRAPHIC ORGANIZER PLOT DIAGRAM UNTUK KELAS VI SEKOLAH DASAR %K %X Instrumen pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan model 4-D (Mendefinisikan, Merancang, Mengembangkan, dan Menyebarluaskan). Desainnya divalidasi oleh empat ahli dan tiga praktisi pendidikan. Untuk melihat kepraktisan dan keefektifan instrumen yang dikembangkan, kemudian diujicobakan secara terbatas kepada siswa kelas VI SDN 002 Benai. Fase diseminasi, bagaimanapun, dilakukan dalam skala terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas ke dalam kategori sangat valid. Kemudian setelah penilaian terhadap pelaksanaan rencana pelajaran, tanggapan dari guru dan peserta pembelajaran dan pengamatan terhadap bahan ajar menunjukkan bahwa tingkat kepraktisan turun ke kategori yang sangat praktis. Apalagi hasil aktivitas peserta belajar membaca skimming diindikasikan efektif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Diagram Pembanding Grafis Organizer yang berorientasi strategi membaca instrumen penelitian skimminglearning telah valid, praktis, dan efektif. %U https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/76 %J Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah %0 Journal Article %P 8-14%V 1 %N 1 %@ 2620-8458 %8 2018-03-30