PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

  • Tiara Fikriani STKIP Ahlussunnah
  • fepryna Yenti STKIP Ahlussunnah
  • Lisa Putri Susanti Mahasiswa STKIP Ahlussunnah

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvesional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 IV Koto tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 IV Koto. Teknik pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling. Sampel yang terambil adalah kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Uji statistik untuk pemahaman konsep  matematika siswa menggunakan uji-t diperoleh thitung > t(0.95,51) yaitu 3,783> 1,674 artinya H0 ditolak. Jadi, disimpulkan bahwa “Pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvesional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 IV Koto.

References

Kesumawati, Nila. 2008. Seminar Nasional tentang Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal. Hal 2-230.
Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Siregar, Syofian. 2010. Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Situmorang, Rosinda. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan Menggunakan LKS untuk Meningkatkan Pemahaman konsep matematis Siswa di Kelas VII SMP N 4 Percut sei Tuan. Jurnal. Volume-1, Edisi-1.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryabrata, Sumadi. 2008. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Grafindo Persada
Tim Penyusun. 2014. Buku Panduan Penulisan Skripsi Prodi Pendidikan Matematika STKIP Ahlussunnah Bukittinggi. STKIP Ahlussunnah Bukittinggi.
Yulanda, Nicke dan dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMPN 3 Padang. Jurnal. Vol.3 No.1.
Published
2019-09-30
How to Cite
FIKRIANI, Tiara; YENTI, fepryna; SUSANTI, Lisa Putri. PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 56 - 66, sep. 2019. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/149>. Date accessed: 02 may 2024.