PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BUKITTTINGGI

  • Olyvia Mustyka STKIP Ahlussunnah
  • Rico Aprisa STKIP Ahlussunnah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar modul pada materi menulis teks anekdot dengan pendekatan CTL yang bermuatan pendidikan karakter. Proses pengembangan modul yang menggunakan model 4-D yang valid, praktis, dan efektif pada pembelajaran menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 4 Bukittinggi. Penelitian ini dilakukan karena produk yang akan dihasilkan diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran menulis teks anekdot, dan diharapkan mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Dalam pengembangan modul keterampilan menulis teks anekdot ini ada empat tahap pengembangan yang dilkukan, Pertama, dilakukan tahap analisis pendehaluan yang terdiri atas analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis siswa. Kedua, merancang modul pembelajaran menulis teks anekdot berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning bermuatan pendidikan karakter dengan kriteria yang terlebih dahuu ditentukan. Ketiga, modul divalidasi oleh pakar. Keempat, setelah modul valid maka dilakukan penyebaran ke kelas lain atau sekolah lain. Modul ini dikembangan dengan model 4-D yang terdiri dari tahap pendefenisian yakni analisis awal, analisis siswa, analisis tugas. Tahap perancangan (Design) yakni, analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis siswa. Tahap pengembangan (Develop) yakni validasi modul, praktikalitas modul, efektivitas modul. Berdasarkan hasil analisis, nilai validasi modul berada pada kategori valid dengan besaran yng dicapai lebih dari 85%. Nilai kepraktikalitasan modul terdiri dari praktikalitas guru 90,28%  dan praktikalitas siswa 82%. Hasil efektivitas modul dengan kategori efektif  84,4%.

References

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Dina Ramadhanti. 2014. “Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Cerpen Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Lembah Gumanti Kabupaten Solok”. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.
Kemendikbud. 2013. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik: Buku Siswa Kelas X SMA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. 2013. Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kemendikbud. 2013. Lampiran Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kemendikbud. 2013. Lampiran Permendikbud No. 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Lickona, Thomas. 2012. Mendidik untuk Membentuk Karakter. (Terjemahan Juma Abdu Wamaungo). Jakarta: Bumi Aksara.
Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta. 239
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 1997. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru
Prayitno dan Afriva Khaidir. 2011. Model Pendidikan Karakter Cerdas. Padang: UNP Press.
Priyanti, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013.
Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D
Bandung: Alfabeta
Published
2018-09-30
How to Cite
MUSTYKA, Olyvia; APRISA, Rico. PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BUKITTTINGGI. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 110 - 116, sep. 2018. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/152>. Date accessed: 21 june 2024.