PENERAPAN STRATEGI KOGNITIF PADA PROSES BELAJAR DAN MENGAJAR PADA MATA KULIAH ISBD DI STKIP AHLUSSUNNAH BUKITTINGGI

  • Abdul Istiqlal STKIP Ahlussunnah

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kuantitatif.  Penelitian ini mencoba mendeskripsikan tentang penerapan strategi kognitif pada  proses belajar dan mengajar pada mata kuliah ISBD di STKIP Ahlussunnah Bukitinggi. Populasi peneltian ini adalah keseluruhan dosen danmahasiswa yang mengikuti matakuliah di STKIP ahlussunnah bukitinggi.  Sampel penelitian ini adalah seluruh mahasiswa dan dosen yangmengajar dan mengikuti matakuliah ISBD.  Data penelitian dikumpulkan kepada guentioner mengunakan daftar pertanyaan dengan opsi 4 (empat ) pilihan jawaban. Hasil penelitian ini menyimpulkan  bahwa bahwa tingginya responden menjawab pertanyaan selalu dengan skor frekuensi tertinggi 74 dengan persentase 57,61 %. Aspek sering berjumlah 36 dengan dengan rata-rata 65,34 dengan persentase 32,20 %, aspek kadang-kadang  berjumlah 2 dengan rata-rata 0,33 dengan persentase 1,28 %, dan aspek tidak pernah berjumlah 0 dengan rata-rata 0 persen dengan persentase 0%. Dari hasil penelitian di atas dapat di simpulkan bahwa dosen dan mahasiswa telah penerapankan strategi kognitif pada proses belajar dan mengajar pada matakuliah ISBD di STKIP Ahlussunnah Bukittinggi.

References

Arikunto, Suharsimi, 1992 Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Bell-Gredler, ME. !986 . Learning and Inroduction : Theory into Practice : New York : Machilan Publishing
Djamarah, Syaiful bahri, 2002. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta
Gagne, RM. 1974. Essential of learning for Introduction. New York : Dreyde Press
Joni, T.R 1990. Cara belajar Siswa Aktif: Artikulasi Konseptual, Jabarab Operasional, dan Verfikasi Empirik. Foum Penelitian Tengah Tahunan : Pusat Peneltian IKIP Malang
Salim, E. 1989, Sumber daya Manusia Dalam Perspektif Analisis , Jakarta : CSIS
Published
2021-03-22
How to Cite
ISTIQLAL, Abdul. PENERAPAN STRATEGI KOGNITIF PADA PROSES BELAJAR DAN MENGAJAR PADA MATA KULIAH ISBD DI STKIP AHLUSSUNNAH BUKITTINGGI. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 250 - 258, mar. 2021. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/153>. Date accessed: 28 mar. 2024.