PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP STATISTIKA

  • Syelfia Dewimarni UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA "YPTK" PADANG
  • Lili Rismaini UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA "YPTK" PADANG

Abstract

Pembelajaran yang semula bersifat Tatap Muka berubah menjadi pembelajaran yang bersifat Jarak Jauh dikarenakan pandemic Covid 19. Dengan adanya perubahan pembelajaran ini juga mempengaruhi media pembelajaran yang selama ini digunakan oleh para pengajar atau dosen, yang semula bersifat HardCopy menjadi bersifat digital. Hal ini dirasakan pada mata kuliah Statistika pada Program Studi Sistem Informasi Univesitas Putra Indoensia YPTK Padang, dimana diperlukan pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Reseacrh and development sesuai dengan prosedur pengembangan yang dikemukakan oleh Plomp, yaitu Preliminary research, Prototyping stage dan Assessment phase. Pada penelitian ini menjelaskan tahap Preliminary research yaitu tahap awal dari penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk meningkatkan pemahaman konsep statistika pada program studi Sistem Informasi Universitas Putra Indonesia Yptk Padang. Adapaun analisis masalahnya adalah perlunya pengembangan media pembelajaran berbasis android dalam rangka penyesuaian system pembelajaran yang diterapkan karena pandemic covid 19 yang berbasis digital, dipilinya android dikarenakan mahasiswa yang merupakan generasi Z menggunakan 79% waktunya per hari dalam berinteraksi dengan smartphone-nya mampu menjadi alat untuk menyampaikan tujuan dari pembelajaran.

References

Dewimarni, S. (2017). Kemampuan Komunikasi Dan Pemahaman Konsep Aljabar Linier Mahasiswa Universitas Putra Indonesia ‘YPTK’ Padang. Vol 8, No 1 (2017) . Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika.

Mintasih, D. (2016). Merancang Pembelajaran Menyenangkan. ElTarbawi Jurnal Pendidikan Islam, IX(1), 39–48.

NCTM (2000). Principle and Standards for School Mathematic. Virginia : NCTM.

Plomp, Tjeered. (2013). Educational Design Research. Netherland: SLO-Netherland Intitute for Curriculum development.

Scanlan, Craig L. Instructional Media: Selection and Use. Online; http://www.umdnj.edu/idsweb/ids Diakses 20 Januari 2021.

Supardi,Yuniar, (2014) Semua bisa jadi menjadi Programmer Android, Jakarta, PT Elex Media Komputindo,.

Wibawanto, H. (2016). Generasi Z dan Pembelajaran di Pendidikan Tinggi. Dalam imposium “Mengenal dan Memahami Generasi Z. Haruskah Pendidikan Tinggi Berubah?” Bandung: Institut Teknologi bandung (ITB).

Yaumi. Media Pembelajaran: Pengertian, Fungsi, dan Urgensinya bagi Anak Milenial. Seminar Nasional tentang Pemanfaatan Media bagi Anak Milenial Kerjasama antara Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Pare-Pare dengan Pascasarjana UIN Alauddin Makassar Tanggal 14-15 Juni 2017.
Published
2021-05-03
How to Cite
DEWIMARNI, Syelfia; RISMAINI, Lili. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP STATISTIKA. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 289 - 293, may 2021. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/158>. Date accessed: 20 apr. 2024.