PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA OTORITER TERHADAP EMOSI ANAK USIA DINI DI TK ISLAM BAKTI 77 KENAGARIAN AMPANG KURANJI KECAMATAN KOTO BARU KABUPATEN DHARMASRAYA
PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA OTORITER TERHADAP EMOSI ANAK USIA DINI DI TK ISLAM BAKTI 77 KENAGARIAN AMPANG KURANJI KECAMATAN KOTO BARU KABUPATEN DHARMASRAYA
Abstract
This research originated from the phenomenon of emotional development of children who cannot control their emotions normally when they are angry at school. This study aims to determine the effect of authoritarian parenting on the emotional development of early childhood in TK Islam Bakti 77 Kenagarian Ampang Kuranji Kec. Koto Baru Kab. Dharmasraya. This research is field research using a correlational quantitative approach. The population was the students of class A and B TK Islam Bakti 77. The sample of 40 parents and students were selected by total sampling technique. The instrument used was a questionnaire with a Likert scale. The results showed that there was an effect of authoritarian parenting on emotional development in early childhood.
References
Bambang Prasetyo. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Desmita. (2008). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dina Wiwi Prastisti. (2008). Psikologi Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2014). Pola Komunikasi Orangtua & Anak Dalam Keluarga, Jakarta: PT Rineka
Cipta.
Dr Tanya Byron Msc Psychd, Ensiklopedia Perkembangan Anak, (Jakarta: Esensi Erlangga Group. 2009)
Edwards, C.D. (2006). Ketika Anak Sulit Diatur: Panduan bagi para Orangtua untuk mengubah masalah
perilaku anak. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Elizabeth B. Hurlock. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Firdani. L. (2010). Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Gerungan, Pambudi. (2002). Keseimbangan Sosial Emosional dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat
Sterss. Malang: Pustaka Brawijaya.
Gunarsa, Singgih D. (1995). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja, Jakarta:PT BPK Gunung Mulia
Hidayah Rifa. (2009) Psikologi Pengaruh Anak. Malang : UIN-Malang Press.
Hurlock, Elizabeth B. (1997). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan.
Jakarta: Erlingga (Edisi kelima).
Mussen, Paul Henry, dkk. (1984). Perkembangan dan Kepribadian Anak. Jakarta: Erlangga.
Mussen. (1994). Perkembangan dan Kepribadian Anak. Jakarta: Arcan Noor.
Novikasari, Meli, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Emosi Anak,
(http://melyloelhabox.blogspot.com/2013/06/faktor-faktor-yang mempengaruhi..html), diakses
18 Mei 2018 jam 21.05 WIB
Papalia, Diane E, dkk. (2008). Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana Prenada
Media Group.
Prasetyo, Joko T. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Prof. Muri Yusuf. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana
Prana Media Grup.
Purwanto. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka
Pelajar.
Rifa Hidayah, Psikologi Pengasuhan Anak, (Yogyakarta: UIN Malang Press. 2009), hal38
Santrock, John W. (2012). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Jilid I. Jakarta: Erlangga(Edisi
ke 13).
Saifuddin Azwar. (2010). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Sambas Ali Muhidin dan Maman Abdurrahman. (2009). Analisis Korelasi, Regresi dan jalur dalam penelitian.
Bandung: Pustaka Setia.
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia.
Sunarti, Euis. (2004). Mengasuh dengan Hati, Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Syamaun, Nurmasyithah. (2012). Dampak Pola Asuh Orangtua & Guru terhadap Kecenderungan Perilaku
Agresif Siswa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sujiono Yuliani Nuraini. (2005). Metode Perkembangan Kognitif. Jakarta:
Universitas Terbuka.
Soetjiningsih, C. H, Perkembangan Anak: Sejak Pembuahan sampai dengan Kanak-kanak Akhir. (Jakarta:
Prenada Media Group. 2012), hal 216
Yamin, M dkk.( 2013). Panduan PAUD. Jakarta: Gaung Persada Press Grour.