PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DARING DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR DARING MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI SMAN TERBUKA 14 KOTA BEKASI

  • Widya Nuriyanti University of Indraprasta PGRI Jakarta Indonesia
  • Toto Widiarto Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Dellia Mila Vernia Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Subhan Harie Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Abstract

Pola pembelajaran yang sudah berubah setelah pandemic corona, maka para guru dan murid serta orang tua mulai mengarahkan pola belajar melalui daring. Penyesuaian yang telah dilakukan perlu dievaluasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran daring terhadap hasil belajar daring pada mata pelajaran ekonomi, pengaruah peran orang tua terhadap hasil belajar daring pada mata pelajaran ekonomi,dan pengaruah media pembelajaran daring dan peran orang tua terhadap hasil belajar daring pada mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Data diperoleh melalui angket dan wawancara. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh 76 siswa.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Data yang diperoleh diolah melalui uji klasik ( Normalitas dan Linearitas). Data yang sudah diolah uji klasik diolah lagi melalui uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pengaruh media pembelajaran daring terhadap hasil belajar daring pada mata pelajaran ekonomi, ada pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar daring pada mata pelajaran ekonomi,dan ada pengaruh media pembelajaran daring dan peran orang tua terhadap hasil belajar daring pada mata pelajaran ekonomi.


Kata Kunci :hasil belajar daring; Media daring ; peran orang tua 


 

References

Astuti, D., Rivaie, W., & Ibrahim, Y. (2013). Analisis Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(6).

Dewa, E., Mukin, M. U. J., & Pandango, O. (2020). Pengaruh pembelajaran daring berbantuan laboratorium virtual terhadap minat dan hasil belajar kognitif fisika. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 351-359.

Juita, H. R., & Widiyarto, S. (2019, March). The Effectiveness of Cooperative Learning Methods: A case study of writing learning at Junior High School. In Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018) (pp. 266-268). Atlantis Press..

Kahfi, A. (2020). Tantangan Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 3(02), 137-154.

Latip, A. (2020). Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108-116.

Rahman, B. (2014). Kemitraan orang tua dengan sekolah dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Kemitraan Orang Tua dengan Sekolah dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa, 4(2), 119-221.

Sutoyo, A. (2016). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 5(4), 52-57.

Umar, M. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20-28.
Ketentuan umum penulisan daftar pustaka:
Published
2021-09-03
How to Cite
NURIYANTI, Widya et al. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DARING DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR DARING MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI SMAN TERBUKA 14 KOTA BEKASI. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 315 - 319, sep. 2021. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/176>. Date accessed: 28 mar. 2024.