ANALISIS KESALAHAN KONSTRUKSI SINTAKSIS PADA KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 KABUPATEN BURU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan suatu bentuk kesalahan konstruksi sintaksis dan penyebab kesalahan konstruksi sintaksis dalam karangan argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kabupaten Buru. Bentuk kesalahan konstruksi sintaksis yang ada meliputi kesalahan konstruksi frase dan kesalahan konstruksi kalimat dalam karangan argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kabupaten Buru. Selanjutnya, subjek penelitian ini adalah karangan argumentasi siswa. Objek penelitian ini adalah kesalahan konstruksi sintaksis dalam
karangan argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kabupaten Buru dan penyebab
kesalahan konstruksi sintaksis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaktu metode deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan tentang kesalahan konstruksi sintaksis
pada karangan argumentasi siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu teknik simak dan catat. Metode analisis yang digunakan adalah metode agih dengan teknik lesap dan teknik balik. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument) dengan kriteria kesalahan penggunaan konstruksi frase dan kalimat. Hasil penelitian kesalahan konstruksi sintaksis pada karangan argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kabupaten Buru ada dua. Pertama, kesalahan konstruksi sintaksis ada dua, yaitu kesalahan konstruksi frase dan kalimat. Kedua, penyebab kesalahan konstruksi sintaksis ada 2, yaitu kesalahan secara gramatikal dan interferensi bahasa.
References
Alwi, Hasan dkk. (2013). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Badudu, J.S. (2011). Pelik-Pelik Bahasa Indonesia.Bandung: CV. Pustaka Prima.
Chaer, Abdul. (2010). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Doyin, Mukh. (2010). Membaca EYD 2010.Semarang: Bandungan Institute
Effendi, S. (2012). Panduan Berbahasa Indonesia dengan Baik dan Benar. Jakarta: Pustaka Jaya.
Finoza,Lamuddin. (2014). Komposisi Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Nonjurusan
Bahasa. Jakarta: Diksi Insan Mulia.
Furchan, Arif. (2011). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Malang: Pustaka Pelajar
Hastuti, Sri. (2013). Sekitar Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Mitra Gama Widya.
Keraf, Gorys. (2011). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kesuma, Tri Matsoyo Jati. (2012). Pengantar (Metode) Penelitian Bahasa.Yogyakarta: Carasvatibooks .
Moeliono, Anton, et al. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rahardi, Kunjana. (2011). Serpih-Serpih Masalah Kebahasaindonesiaan. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Ramlan. (2011). Ilmu Sintaksis. Bandung: CV. Karyono.
Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta:Yuma Pustaka.
Sudaryanto. (2013). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. (2011). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa.Bandung:Angkasa.