PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

  • Melia Roza STKIP Ahlussunnah
  • Majidah Khairani STKIP Ahlussunnah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis  Discovery Learning terhadap pemahaman konsep matematis bagi siswa kelas VII SMP N 3 Talamau Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu define, design, dan develop. Pada tahap define dilakukan analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis materi, dan analisis kurikulum. Pada tahap design dilakukan pemilihan bahan ajar yang dikembangkan, menentukan format LKS berdasarkan hasil analisis yang dilakukan. Kemudian dilakukan tahap develop, pada tahap ini dilakukan ujicoba produk yaitu pada 3 orang siswa untuk evaluasi perorangan, 8 orang siswa untuk evaluasi kelompok kecil, dan 30 orang siswa untuk uji lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis Discovery Learning yang dikembangkan telah valid dengan nilai rata-rata 80,40% berada pada kategori valid. Nilai praktikalitas LKS yang diperoleh dari angket respon siswa dan guru dengan nilai rata-rata 87,5% dan 87,891% pada kategori sangat praktis. Nilai efektifitas siswa diperoleh dari hasil ujian akhir bab (post-test) dengan nilai rata-rata 81,832% dengan kategori sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis Discovery Learning terhadap pemahaman konsep matematis bagi siswa kelas VII SMP N 3 Talamau Kabupaten Pasaman Barat  yang dihasilkan sudah valid, praktis, dan efektif.

References

Amelia, Isrok’atun. 2018. Model-model pembelajaran matematika. Jakarta: Bumi Aksara
Budiningsi, C Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta :Rineka Cipta.
Bruner. J. The Act Of Discovery. Cambrige. Harvard University Press.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Roza, Melia (2019) Penerapan Model Quantum Teaching Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pasaman. Proceding Inovasi Pendidikan Vol. 6. No 1, hal 57-66
Mutohar. Ali. 2016. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep. FKIP UMP. Puwokerto.
Plomp, T. 2010. Educational Design Research: an Introduction (Plomp, T & Nieveen, Ed.) Netherlands Institute for Curriculum Development.
Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Riduwan. 2009. Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
Rusman. 2012. Model – Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Shoimin. Aris. 2016. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Rembang: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung. Alfabeta.
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Triano. 2009. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT.Prestasi Pustakarya.
Published
2021-09-02
How to Cite
ROZA, Melia; KHAIRANI, Majidah. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 387 - 398, sep. 2021. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/187>. Date accessed: 27 jan. 2022.