PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAPA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DIMASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar matematika siswa MTsN 2 Payakumbuh pada penerapan pembelajaran daring masa pandemi COVID-19 salah satu penyebabnya adalah belum adanya media audio visual yang diberikan guru dalam pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual (Video) terhadap hasil belajar matematika siswa. Ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan disain the design Randomized Control Group Only Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII tahun Pelajaran 2021-2022 MTsN 2 Payakumbuh. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Ada dua sampel yaitu Sampel yang digunakan yaitu kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 sebagai kelas control. Uji hipotesis menggunakan uji t, dengan hasil thitung = 2,04 dan ttabel = 1,67, karena thitung > ttabel maka dapat diartikan yang berarti bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual(video) terhadap hasil belajar siswa
References
Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145-167.
Al Fasyi, M. C. (2015). Pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Ngoto Bantul Yogyakarta. BASIC EDUCATION, 4(16).
Damitri, D. E. (2020). Keunggulan Media Powerpoint Berbasis Audio Visual Sebagai Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Teknik Bangunan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(2).
Djumiko, D., Fauzan, S., & Jailani, M. (2020). Panduan Kepala Sekolah Untuk Mengelola Sekolah Pada Masa Pandemic Covid-19. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(2), 56-69.
Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media pembelajaran manual dan digital. Bogor: Ghalia Indonesia, 173.
Nashiruddin, A., & Agus Yudha Prawira Adistana, G. D. E. (2018). Analisis Kelayakan Media Video Tutorial pada Mata Kuliah Menggambar Bangunan Sipil Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 2(2/JKPTB/18).
Puspitasari, R., Lesmono, A. D., & Prihandono, T. (2015). Pengaruh model pembelajaran Poe (Prediction, Observation and Explanation) disertai media audiovisual terhadap keterampilan kerja ilmiah dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA-Fisika di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 211-218.
Putranti, N. (2016). Cara Membuat Media Pembelajaran Online Menggunakan Edmodo. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 2(2), 139-147.
Rusby, Z., Bakhri, B. S., & Rozi, S. (2017). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Tamu pada Wisma Graha Az-Zahra Pekanbaru. Al- Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 222-241.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana
Setyaningrum, W., & Waryanto, N. H. (2017). Media edutainment segi empat berbasis android: apakah membuat belajar matematika lebih menarik?. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 40-56.
Sornsa-ard, T., Niramitsantiphong, A., & Liawrungrueang, W. (2020). Management of traumatic spinal fracture in the coronavirus disease 2019 situation. Asian Spine Journal, 14(3), 385-387
Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi (Konsep Dasar, Prinsi Aplikatif, dan Perancangannya).
Wirawan, A. (2020). Memaksimalkan layanan informasi berbasis media audio visual: suatu upaya meningkatkan minat belajar siswa di SMP. JURNAL SIPATOKKONG BPSDM SULSEL, 1(2), 148-153.