MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN KETERAMPILAN PROSES DI SDN 111/IX MUHAJIRIN KAB. MUARO JAMBI

  • Subiyanti Subiyanti Guru SDN 111/IX Muhajirin Kec. Jaluko Kab. Muaro Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang penerapan proses untuk meningkatkan minat belajar IPA di SDN 111/IX Muhajirin.Penelitian ini menggunakan pendekatan keterampilan proses dengan 2 siklus. Hasil penelitian ini meghasilkan data pada instrumen pemantau tindakan guru dan peserta didik di siklus I melalui pendekatan keterampilan proses sebesar 66,7% dan di siklus II sebesar 90%. Presentase hasil minat belajar peserta didik pada siklus I adalah sebesar 62,5% dan di siklus II sebesar 87,5%. Data tersebut menunjukkan dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses bisa meningkatkan minat belajar IPA khususnya di KELAS I SD. Penggunaan pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan minat belajar Peserta Didik KELAS I SD 111/IX Muhajirin.

Published
2020-09-22
How to Cite
SUBIYANTI, Subiyanti. MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN KETERAMPILAN PROSES DI SDN 111/IX MUHAJIRIN KAB. MUARO JAMBI. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 136 - 141, sep. 2020. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/21>. Date accessed: 28 mar. 2024.