MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN KETERAMPILAN PROSES DI SDN 111/IX MUHAJIRIN KAB. MUARO JAMBI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang penerapan proses untuk meningkatkan minat belajar IPA di SDN 111/IX Muhajirin.Penelitian ini menggunakan pendekatan keterampilan proses dengan 2 siklus. Hasil penelitian ini meghasilkan data pada instrumen pemantau tindakan guru dan peserta didik di siklus I melalui pendekatan keterampilan proses sebesar 66,7% dan di siklus II sebesar 90%. Presentase hasil minat belajar peserta didik pada siklus I adalah sebesar 62,5% dan di siklus II sebesar 87,5%. Data tersebut menunjukkan dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses bisa meningkatkan minat belajar IPA khususnya di KELAS I SD. Penggunaan pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan minat belajar Peserta Didik KELAS I SD 111/IX Muhajirin.