PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 3 TALAMAU
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika sehingga kemampuan ini sangat diharapkan dapat berkembang dan mengalami peningkatan.Namun, diperoleh fakta bahwa kemampuan komunikasi siswa kelas VIII SMPN 3 Talamau masih rendah. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa penyebabnya adalah model pembelajaran yang digunakan belum mampu mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. Sehingga proses pembelajaran tersebut belum bisa mengembangkan kemampuan komunikasi matematis yang dimiliki
siswa. Salah satu model pembelajaran yang bisa mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan komunikas matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa kelas kontrol.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Subjects Posttest Only Control Group Design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Talamau.Sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII.1 dan VIII.2 SMPN 3 Talamau.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran konvensional.