PENINGKATAN AKTISVITAS BELAJAR SISWA KELAS IXB SMPN 2 LENGAYANG DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK MENGGUNAKAN BAHAN AJAR

  • Nofrita Nofrita SMPN 2 Lengayang
  • Destaria Sudirman STKIP Ahlussunnah

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh guru Biologi di SMPN 2 Lengayang ditunjukkan oleh
permasalahan rendahnya aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Cara yang
diperkirakan dapat membantu untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran
adalah metode diskusi kelompok menggunakan bahan ajar. Menggunakan metode diskusi
kelompok memakai bahan ajar, akan membuat semua siswa berpartisipasi secara aktif untuk
memecahkan masalah yang dihadapi kelompoknya. Dengan demikian, diharapkan aktivitas
belajar siswa juga dapat ditingkatkan. Oleh karena itu dilaksanakan suatu tindakan kelas dengan
judul Peningkatan Aktisvitas dan Hasil Belajar Siswa kelas IXb SMPN 2 LengayangDengan
Metode Diskusi Kelompok Menggunakan Bahan Ajar”. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah: Apakah kegiatan pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok menggunakan
bahan ajar dapat meningkatkan aktivitas siswa selama proses pembelajaran?. Penelitian ini
dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari tiga kali pertemuan. Berdasarkan
kelemahan atau kekurangan yang terlihat pada pelaksanaan pembelajaran pada siklus I, maka
direncanakan pembelajaran yang lebih baik pada siklus II, agar peningkatan aktivitas siswa
yang terjadi benar-benar signifikan. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa aktivitas belajar
siswa dengan metode diskusi kelompok memakai bahan ajar dapat ditingkatkan, hal ini dapat
dilihat dari rata-rata aktivitas siswa yang berpartisipasi aktif menjawab soal bahan ajar siklus I
ajar 59,7 % , siklus II 92,1 %, aktif mengajukan pertanyaan siklus I, 44,7 %, pada siklus II, 69,4
%, siswa yang aktif menjawab dengan pertanyaan siklus I 57,1 % siklus II 71 %, siswa yang
mengemukakan pendapat siklus I 28,9 %, siklus II 60,6 %, dan siswa yang membuat
kesimpulan siklus I, 57 %, siklus II, 91,2 %. Berdasarkan data yang diperoleh selama
pembelajaran pada penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa metode diskusi
kelompok memakai bahan ajar dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran.

Published
2020-03-30
How to Cite
NOFRITA, Nofrita; SUDIRMAN, Destaria. PENINGKATAN AKTISVITAS BELAJAR SISWA KELAS IXB SMPN 2 LENGAYANG DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK MENGGUNAKAN BAHAN AJAR. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 62 - 70, mar. 2020. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/37>. Date accessed: 24 apr. 2024.